Pelatihan pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru-guru SMA 1 Kokap Kulonprogo

Proses belajar mengajar (PBM) di sekolah seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan di luar pengalaman siswa sehari-hari, sehingga materi ini menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak. Gambar dua dimensi atau model tiga dimensi adalah visualisasi yang sering dilakukan dalam PBM. Pada era informatika visualisasi berkembang dalam bentuk gambar bergerak (animasi) yang dapat ditambahkan suara (audio).

Berdasar berbagai kondisi tersebut, Tim Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan Seni Rupa yang terdiri atas Prof. Dr. Tri Hartiti Retnowati, M.Pd, Dr. Hajar Pamadhi, M.A (Hons), Drs. Mardiyatmo, M.Pd., Drs. Bambang Prohadi, M.Pd., dan Dwi Retno Sri Ambarwati, M.Sn menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengembangan berbagai media  pembelajaran interaktif bagi guru SMAN 1 Kokap Kulonprogo.Kegiatan berlangsung pada hari Kamis, 3 September 2015 dari pukul 09.00 s.d 15.00 di aula SMA 1 Kokap Kulonprogo.

Kegiatan ini disambut antusias oleh guru dan Kepala Sekolah SMA 1 KOkap karena guru mendapat wawasan baru dalam pembuatan media pembelajaran sehingga diharapkan dapat memicu minat  siswa untuk lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran, dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

Pihak guru-guru SMAN 1 Kokap Kulonprogo telah mengajukan permohonan agar dilatih untuk membuat media pembelajaran interaktif, sehingga pelatihan yang telah diadakan ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan sekolah yang menjadi sasaran pengabdian.(Dwi Retno SA).