DOSEN JURDIK SENI RUPA MENGIKUTI FORUM FAKULTAS BAHASA DAN SENI INDONESIA (FBSI)

Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNY yang diwakili oleh Kajur, Kaprodi, Sekjur dan Dosen Wakil Prodi mengikuti Forum Fakultas Bahasa dan Seni (FBSI) 2020 yang diselenggarakan secara Daring selama 2 hari, 3-4 Nopember 2020, dengan topik: "Kurikulum Era Industri 4.0 dan Implementasi MBKM", diikuti oleh semua Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, dan Dosen Fakultas Bahasa dan Seni se Indonesia.

Forum Fakultas Bahasa dan Seni Indonesia tahun 2020 ini berada di masa pandemi, sehingga tidak dapat diselenggarakan  seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana semua FBS di seluruh Indonensia bisa bertemu secara langsung membahas kerjasama antar Fakultas dan Prodi.

Penyelenggara FBSI tahun ini adalah UNJ dan  diselenggarakan  secara Daring selama 2 hari, 3-4 Nopember 2020, dengan topik: "Kurikulum Era Industri 4.0  dan Implementasi MBKM", diikuti oleh semua Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, dan Dosen Fakultas Bahasa dan Seni  se Indonesia.

Hari pertama berupa pemaparan dari pembicara utama Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si., dari Kemendikbud,  yang menyampaikan topik: "Pemutakhiran Kurikulum dan Implementasi MBKM, dan Materi Pleno 2: Praktik Pemutakhiran Kurikulum dan Implementasi MBKM

Materi Pleno hari ke dua berupa  Paralel Dekan membahas Perjanjian Kerjasama, dan  Materi Paralel 1 Prod membahas potensi kerjasama dalam Implementasi MBKM, perumusan kerjasama penyelenggaraan MBKM, dianjutkan persiapan dokumen Perjanjian Kerjasama Antarperguruan Tinggi. Pertemuan daring antar Prodi FBS se Indonesia telah berlangsung efekif dan telah menghasilkan point-point rumusan kerjasama yang siap untuk diimplementasikan.

Pada upacara penutupan, Dekan FBS UNJ  Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. selaku Penyelenggara melaporkan bahwa pertemuan hari pertama diikuti 375 peserta, dan hari ke dua  oleh 350 peserta, dan telah tercapai kesepakatan program kerjasamayang akan dilaksanakan oleh Fakultas maupun Prodi, dan perjanjian kerjasama ini merupakan awal yang harus segera ditindaklanjuti pada pertemuan selanjutnya antar Prodi dan antar Fakultas.

Wakil Rektor I UNJ mengatakan bahwa tema pertemuan FBSI tahun ini sangat menarik, dan diharapkan semua peserta mendapatkan kesamaan pemahaman terkait implementasi MBKM. Telah dihasilkan 10 besar kesepakatan antar pimpinan, semoga segera dapat ditindaklanjuti dan diimplementasikan.(drsa)