Kegiatan "Membatik Suka-Suka" di Kemendikbud Berlangsung Meriah

28 Juli 2019, telah digelar acara workshop membatik dengan nama kegiatan "Membatik Suka-Suka " di Kemendikbud, Senayan pada acara Festival Literasi Sekolah. Kegiatan ini berlangsung sekitar satu dua minggu. Salah satu acara yang digelar di sana adalah kegiatan membatik. Peserta kegiatan membatik adalah guru-guru dari seluruh Indonesia yang mengikuti kegiatan Festival Literasi Sekolah. Tidak hanya guru-guru, banyak juga masyarakat umum yang kemudian turut serta dalam kegiatan membatik ini. 

Di bawah instruksi Della Naradika (mahasiswa pendidikan seni rupa UNY) dan seluruh Tim Sahabat Gorga, para peserta mengikuti tahap demi tahap membatik. Peserta dibebaskan menggambar motif sesuai keinginan mereka. Kemudian diajarkan cara memegang canting, mencating, dan menembok. Tahap terakhir adalah pewarnaan. Peserta diajarkan cara mewarnai kain menggunakan remasol. 

Antusiasme peserta sangat tinggi, sebagian besar dari mereka belum pernah membatik dan sebagian besar lainnya berasal dari luar pulau Jawa. Kegiatan batik menjadi sesuatu yang unik dan menarik untuk mereka. Hasil karya mereka dibawa pulang masing-masing. 

Harapannya, setelah mengenal basic dasar membatik, peserta dapat mengembangkan lagi teknik membatik yang telah mereka pelajari.