Pelatihan Pengolahan Barang Bekas Menjadi Produk Kreatif di SD Negeri 2 Ngalas

17 Oktober 2020 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan pengajaran untuk guru SD Negeri 2 Ngalas, Klaten. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari. Peserta kegiatan adalah guru-guru di SD N 2 Ngalas, Klaten. Kegiatan ini diisi oleh enam dosen dari Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Pak Hajar, Pak Mardiatmo, Bu Eni, Bu Retno, Bu Arsianti, dan ditemani beberapa mahasiswa.

Kegiatan ini mengusung konsep lingkungan dengan menerapkan 3R. Reduce, Reuse, Recycle. Berbagai praktik kreatif dilakukan, misalnya: pembuatan kolase dari barang bekas, pembuatan ecoprint, pembuatan patung dari koran bekas, pembuatan miniatur dari terigu bekas. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para guru untuk mengusung media pembelajaran baru untuk siswa di kelas, agar tidak terjadi kejenuhan dalam pembelajaran.Dengan mengusung konsep lingkungan, anak-anak diharapkan dapat mempunyai kepekaan terhadap lingkungan dan  mereka bisa memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai.

Meski kegiatan ini dilakukan di tengah pandemi, tidak terjadi hambatan yang begitu besar. Guru-guru melakukan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan, begitu halnya para pemateri.