MENGGALI POTENSI DESAIN GRAFIS DI MASA PANDEMI COVID-19 BERSAMA ARSIANTI LATIFAH, M.Sn.

Sabtu, 5 Desember 2020, dosen Pendidikan Seni Rupa FBS UNY, Arsianti Latifah, M.Sn., menjadi pemateri dalam Pelatihan Desain Grafis yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pelatihan yang diadakan via Zoom ini menggangkat tema "Menggali Potensi Desain Grafis di Masa Pandemi Covid-19". 

Dalam pelatihan tersebut Arsianti Latifah menyampaikan bahwa seni grafis merupakan salah satu skill yang membanggakan dan dibutuhkan di Era Digital. Seni Grafis dapat menjadi peluang usaha atau profesi. Melalui desain grafis, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui kreativitas. Setiap kaarya yang kita hasilkan mendorong kita untuk selalu berpikir kreatif. 

Arsianti Latifah menjabarkan berbagai lingkup kerja desain grafis, antara lain: Advertising (desain grafis dan periklanan), Web Design (desain tampilan website), Movie Production (desain movie title, motion graphic), Game Design (desain tampilan game, desain karakter), Printing Industry (desain label, packaging), Editorial Design (layout koran, majalah, tabloid, brosur,dll), Book Design (desain cover buku, layout isi buku), Information Design (sign system, desain peta/denah, lokasi), Branding Company (logo, brand/trademark) dan Type Design (desain tipografi, eksperimen tipografi).

Dalam pelatihan tersebut Arsianti Latifah memberi materi tentang cara membuat poster dan infografis menggunakan software CorelDRAW dan langsung dipraktekkan oleh peserta yang mayoritas merupakan mahasiswa dari berbagai kampus. Peserta mengikuti pelatihan dengan antusias. (DWd)