SENI RUPA YANG KOMUNIKATIF

Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa angkatan 2008, konsentrasi DKV (Desain Komunikasi Visual)
mengadakan pameran Deskomvis di Gedung Kuliah I lantai 3, FBS UNY dari tanggal 13 Januari sampai 17 Januari 2012. Pameran mata kuliah yang diampu oleh Drs. R. Kuncoro Wulan Dewojati, M.Sn, menampilkan beragam karya yang dipajang di seluruh Ruang 319, dari mulai pin, mug, stiker, kaos, sepatu, brosur, poster, x-banner, billboard, sampai spanduk. Tidak hanya iklan komersial saja yang berusaha divisualisasikan, namun iklan layanan masyarakat juga turut menyemarakkan pameran yang dilangsungkan demi memenuhi tugas akhir DKV IV ini. Dengan topik dan tema berbeda, pameran ini mampu menyedot animo mahasiswa FBS UNY untuk mengapresiasi berbagai buah karya mereka meski pameran diadakan di lantai 3.

Menurut Ketua Panitia Pameran, Beni, desain-desain yang ditampilkan karya 40 mahasiswa yang mengikuti kelas DKV IV, merupakan desain yang diusahakan sendiri tanpa bantuan lembaga yang dipromosikan. Jadi pameran ini merupakan usaha swadaya teman-teman mahasiswa. “Topik dan tema berbeda, tergantung mahasiswanya sendiri. Semuanya sesuai kemauan mahasiswa, sesuai dengan hasil observasi atau wawancara yang dilakukan sebelum membuat desain itu,” terangnya. Lebih lanjut Ketua Panitia menambahkan bahwa pameran kali ini ditujukan bukan hanya sebagai penuntas tugas akhir saja, namun juga sebagai sarana apresiasi sebagaimana fungsi sebenarnya dari pameran itu sendiri.

Sementara itu, Kuncoro, dosen pengampu menjelaskan DKV merupakan ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan tersebut dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi program pemerintah. Pada prinsipnya DKV adalah perancangan untruk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yg komunikatif, efektif, efisien dan tepat, terpola dan terpadu serta estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran. Elemen desain komunikasi visual sendiri adalah gambar atau foto, huruf, warna dan tata letak dalam berbagai media. baik media cetak, massa, elektronika maupun audio visual. (Nunggal/ls)